RAKORNAS & BRANCHMARKING APMU-PTMA

Empat orang perwakilan dari Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) diutus untuk mengikuti Rapat Koordinasi Nasional Asosiasi Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi Muhammadiyah – Aisyiyah (APMU-PTMA) dengan 172 Perguruan Tinggi Muhammadiyah – Asiyiyah se-Indonesia di Hotel Grage Cirebon Jawa Barat yang berlangsung dari tanggal 13-15 Desember 2022. Perwakilan tersebut terdiri dari BPMU UMT diwakili oleh Dr. Warsito, M.Si sebagai Kadiv SPMI dan Dr. Yeni Nuraeni sebagai Kadiv AMI.  Selain itu, perwakilan Gugus Penjamin Mutu Fakultas diwakili dari Joko Hardono, MT dari FT dan Eni Suharti, SE.,M.Akun dari FEB.  Kegiatan Rakornas yang dirangkai dengan penandatanganan MoU dengan 172 PTMA ini yang mengangkat tema “Penguatan Asosiasi Penjaminan Mutu (APMU) dan Pengembangan Sistem Penjaminan Mutu Menuju PTMA Unggul”. Dr. Warsito, M.Si dan Dr.Yeni Nuraeni, M.Pd juga merupakan panitia dalam kegiatan Rakornas APMU tersebut

Kegiatan ini dihadiri oleh peserta perwakilan PTMA se-Indonesia dan Kegiatan dibuka langsung oleh Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah Prof. H. Lincolin Arsyad, SE.,M.Sc.,Ph.D, APMU,  Dewan Eksekutif BAN-PT (Prof. Johni Najwan, S.H, M.H, Ph.D); Dewan Eksekutif Lembaga Akreditasi Mandiri yang terdiri dari Dewan Eksekutif LAMEMBA (Prof.Dr.Ina Primiana F.M., S.E., M.T), Dewan Eksekutif LAM-Teknik (Prof.Dr.Ir.Hari Purnomo, M.T), Dewan Eksekutif LAMDIK (Prof.Dr.Harun Joko Prayitno, M.Pd), dan Dewan Eksekutif LAM Infokom (Prof.Zainal Arifin Hasibuan, MLS, Ph.D).

Ketua Majelis Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah Prof. H. Lincolin Arsyad, SE.,M.Sc.,Ph.D memberikan motivasi agar seluruh PTMA dapat bergerak secara serentak dan kolaboratif menuju PTMA unggul menjadi center of excellence dan pusat prestasi – inovasi bagi bangsa dan lahirnya generasi unggul Indonesia masa depan. 

Sementara, Ketua APMU-PTMA Evi Rahmawati, M.Acc.,Ph.D.,AK. menuturkan bahwa kegiatan Rakornas perdana ini sekaligus mengirimkan pesan kepada kita semua bahwa perguruan tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA) benar – benar serius untuk mewujudkan PTMA yang unggul dan berkemajuan itu, karena itu merupakan syarat utama dalam mensukseskan program Indonesia Emas 2045, sebab tidak mungkin kita dapat melahirkan generasi emas jika perguruan tinggi kita masih kalah jauh dengan keunggulan-keunggulan yang dimiliki kompetitor internasional kita. 

Selain mengikuti kegiatan Rakornas, Perwakilan UMT juga melakukan Branchmarking dengan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) serta Universitas Ahmad Dahlan (UAD). Selain BRANCHMARKING juga dilaksanakan Mou antara UMT dengan APMU PTMA untuk bekerjasama peningkatan penjaminan mutu pada bidang pendidikan, penelitian, pengabdian msyarakat serta Al-Islam Kemuhaamdiyahan dalam pelaksanaan PPEPP.

Kepala Badan Penjaminan Mutu Universitas UMT, Prof. Dr. Aris Gumilar, MM, menyampaikan  terimakasih yang tinggi atas dukungan dan apresiasi berbagai pihak baik teman-teman perwakilan PTMA, tim Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, Dewan Eksekutif BAN PT dan LAM dan berbagai pihak yang telah bekerja cerdas dalam mensukseskan kegiatan Rakornas ini. Seluruh Civitas UMT akan terus bergerak maju menuju UMT Unggul pada masa yang akan datang dan mencapai Visi UMT yaitu” Menjadi Universitas kelas Dunia yang Islami Berbasis Green Industry” demikian yang diungkapkan oleh Prof Dr Aris Gumilar, MM

Leave A Reply